Wasit Yang Memanggil Tim Medis Chelsea Masuk ke Lapangan

evacaneiro

Dokter dan fisioterapis tim Chelsea, Eva Caneiro dan Jon Fearn, menjadi sasaran kemarahan Manajer Chelsea Jose Mourinho.

Kemarahan Mourinho meledak ketika tindakan kedua tim medis The Blues itu masuk ke dalam lapangan untuk mengobati Eden Hazard yang terkapar saat laga melawan Swansea City di Stamford Bridge, Sabtu (8/8).

Mourinho kesal dengan masuknya Carneiro dan Fearn. Aksi Mourinho berteriak melontarkan kekesalannya itu dipinggir lapangan itu pun terekam kamera.

“Saya tidak senang dengan tim medis saya. Mereka impulsif dan naif,” kata Mourinho seusai pertandingan melawan Swansea.

“Entah Anda seorang dokter, sekretaris, atau petugas tim, Anda harus mengerti taktik pertandingan jika duduk di bangku cadangan.”

Carneiro terpukul dan memilih berdiam diri saja. Namun, pendukung Chelsea dan pemerhati sepak bola di dunia
memberikan dukungan terhadap dokter lulusan Nottingham University tersebut. Melihat banyak dukungan yang ditujukan untuk dirinya, Carneiro pun mengucapkan terima kasih lewat status di akun Facebook resmi miliknya.

Belakangan, saking kesalnya, Mourinho memutuskan dua petugas medis tersebut tak ikut dalam laga tandangĀ  Chelsea ke kandang Manchester City akhir pekan ini, Minggu (16/8). Walaupun begitu, sementara ini Carneiro tetap dipercaya sebagai dokter tim.

Sebenarnya Caneiro dan Jon Fearn masuk ke lapangan karena wasit pemimpin pertandingan Michael Oliver meminta petugas medis Chelsea segera bergegas mengobati pemain Chelsea yang terkapar di tengah – tengah pertandingan, maka kedua petugas medis tersebut langsung masuk ke lapangan.

Wasit termuda di Liga Inggris itu dua kali melambaikan tangan memanggil petugas medis untuk merawat Hazard setelah bertubrukan dengan Gylfi Sigurdsson.Saat kejadian tersebut, Swansea dan Chelsea sedang bermain imbang 2 – 2. dengan robohnya Hazard, maka pemain Chelsea yang tersisa hanya 9 orang termasuk kiper setelah Thibaut Caurtois dikartu merah.

Berdasarkan pedoman medis yang dilansirkan Dewan Medis Umum Inggris (GMC), Carneiro wajib masuk ke lapangan ketika Oliver memanggil. Terlepas dari Mourinho ingin Hazard dirawat atau tidak. Pasalnya pengabaian permintaan wasit akan mendakwa sang dokter telah melakukan pelanggaran atas salah satu prinsip yang diatur dalam pedoman GMC tersebut.

‘Lakukan penindakan jika anda pikir bahwa keselamatan pasien, martabat, atau kenyamanannya terganggu,’ demikian bunyi pedoman yang dikeluarkan GMC itu.

Selain itu Carneiro dan Fearn harus menjunjung tinggi prinsip dalam pedoman GMC di atas perjanjian kerjanya. Sebelumnya, pada 2009 silam, ada tim medis yang mendapatkan sanksi GMC karena mengedepankan taktik tim dibandingkan perawatan medis.

Sementara itu, hingga berita ini ditulis, belum ada keputusan siapa pengganti Carneiro dan Fearn dalam laga tandang ke Manchester. Berdasarkan peraturan Liga Primer, setiap klub wajib menyertakan seorang dokter tim pertama dan fisioterapis senior di bangku cadangan setiap waktu.’Kami jelaskan lagi bahwa para dokter harus menjaga pasien mereka sebagai perhatian pertama,’ demikian pernyataan GNC seperti dilansir CNN.